Tips Khatam Al-Qur'an Tanpa Ngebut di Bulan Ramadhan!

by - April 27, 2020




Assalamualaikum wr wb..
Gimana puasanya sahabat sekalian?
Semoga masih tetap semangat berlomba-lomba berbuat amal dan kebaikan dibulan istimewa ini ya!

Well, seperti yang kita tahu bahwa dibulan Ramadhan semua pahala nilainya akan di lipat gandakan oleh Allah subhana wa ta'ala, ya termasuk juga dengan amalan membaca Al -Qur'an di di bulan suci ini. Banyak dari kita yang menargetkan ingin menyelesaikan 30 juz atau sering disebut dengan khatam Qur'an . Namun, banyak juga yang tidak dapat mencapai target yang dibuat karena berbagai alasan. Awalnya semangat membaca 1 juz setiap hari bahkan lebih, namun ketika menuju akhir ramadhan semangat untuk membaca Alquran mulai menurun drastis bahkan tidak ada sama sekali dalam sehari. Entah itu karena alasan capek karena sibuk di dapur, atau karna sibuk ngabuburit bersama teman, atau bahkan karena kelelahan di tempat kerja dan beberapa alasan manusiawi lainnya, akhirnya target pun tidak tercapai.

Tidak bisa dipungkiri bahwa iman manusia bisa naik turun, namun jika kita cerdas untuk mengelola waktu maka kita tetap bisa menyelesaikan 30 juz dalam bulan Ramadan walau dalam keadaan iman yang lemah sekalipun.



Nah, langsung saja seperti di judul ini aku akan sedikit berbagi tips ke kalian gimana caranya mengkhatamkan Al-qur'an dengan metode santai tapi pasti:

1. Menargetkan Membaca Alquran 2 Lembar Per-sholat Wajib Setiap Harinya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jumlah setiap juz dalam al-qur'an pada umumnya di Indonesia berjumlah 10 lembar. Oleh karena itu jika kita menargetkan 2 lembar  per sholat wajib maka kita bisa menghatamkan 1 juz dalam sehari dengan menargetkan 2 lembar setiap sesudah sholat wajib. Rumusnya 2lembar X 5sholat wajib = 10 lembar (1 juz) perharinya. Terdengar mudah, namun realitanya sulit dan membutuhkan tekad yang teguh godaan.

2. Tak Perlu Menghitung-hitung Jumlah Halaman

Ya tak perlu kita menghitung jumlah halaman Ketika kita hendak atau sementara sedang membaca alquran karena itu akan membuat tubuh kita atau otak kita merasa seperti terbebani untuk dapat menyelesaikannya. Istilahnya udah K.O duluan. Jadi fokuslah menyelesaikan target dan membacanya dengan tartil (memperhatikan panjang pendek hurufnya) pelan-pelan saja, anggaplah 2 lembar ini adalah khatam sementaramu. 

3. Me-rapel 4 Lembar di Kala Subuh

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa khususnya bagi mereka yang bekerja akan merasa kesulitan setiap kali hendak ingin menyelesaikan 2 lembar per salat wajib nya. Jangan khawatir karena kalian bisa me-rapel 2 lembar menjadi 4 lembar pada subuh harinya, yang mana subuh ini mempunyai banyak waktu luang sebelum berangkat kerja. Metode ini bisa menggugurkan target kita pada waktu dhuhur. Hal ini juga bisa di lakukan atau dipakai untuk kita dan anak-anak bahkan adik-adik kita yang merasa sangat berat atau lemas mebaca al -qur'an pada siang hari.

4. Menjamak 2 Lembar di Ashar  Pada Waktu Maghrib

Sholat Ashar adalah sholat yang sangat berat dilakukan bagi orang-orang yang munafik begitu ditekankan dalam sebuah Hadits. Yah, mengapa sholat ini sangat berat dilakukan tepat waktu?  Beberapa alasan diantarnya adalah; pada waktu ini kita sudah mulai kelelahan dalam bekerja, dan bagi emak-emak yang di rumah jam-jam ini adalah waktu mereka untuk mulai sibuk menyiapkan hidangan berbuka puasa. Sehingga sholat ini pun seringkali ditunda pelaksanaannya bahkan bisa disepelekan dan lebih parahnya dilaksanakan di akhir waktunya. Lalu bagaimana bisa disempatkan lagi untuk membaca dua lembar al-qur'an?
Oleh karena itu kalian tidak harus membaca 2 lembar di waktu Ashar ini, namun tentu ada hukuman yang harus kalian terima. Hukuman apa itu? yaitu kalian harus menjamak 2 lembar yang ditinggalkan di waktu Ashar pada waktu maghrib , sehingga total yang harus kalian baca ketika selesai mengerjakan sholat magrib adalah 4 lembar. Mengapresiasi diri sendiri itu baik dan menghukum diri sendiri kadang diperlukan. Ulangi metode ini setiap kali kalian melakukan pelanggaran aturan. Namun, jangan tebus hukuman ini ketika waktu Isya ya! karena tubuh akan merasa berat karena harus menjalankan sholat tarawih juga.

5. Sugesti Diri: "Saya Pasti Bisa Mengkhatamkan Al - Qur'an di Ramadhan Kali ini "

Karena otak kita sudah merasa bahwa 2 lembar adalah halaman yang yang sedikit maka tubuh kita pun otomatis akan merasa ringan untuk membacanya sehabis sholat. "Cuma dua lembar aja kok" pasti cepat untuk menyelesaikannya. Namun tanpa sadar bahwa 2 lembar setiap sholat itu akan perlahan-lahan membawa kita berganti Juz. So Happy melihat juz baru, ya kan?
Ini pun berlaku bagi wanita yang sedang haid, kita tetap bisa menyelesaikan target kita walau tidak bisa menyentuh Al- qur'an, lembaran itu masih bisa kita akali dengan membacanya melalui aplikasi Al-qur'an di smart phone kita. Sesungguhnya Allah selalu memudahkan hamba-Nya dalam beribadah, bukan?

Jangan ngebut , pelan tapi pasti! 
Saat yang lain terjatuh kita tetap berjalan.

jangan berlari, pelan tapi pasti!
Saat yang lain tersandung kita masih berdiri.

jangan terpengaruh, pelan tapi pasti!
Saat yang lain menyerah, kita masih melanjutkan.

Jangan menganggap remeh apapun, karena sedikit yang kita lakukan lama-lama akan mengantarkan kita pada tujuan kita. 
Jangan lupa juga untuk terus berdoa agar Allah memberikan kita keistiqomahan mengamalkan sesuatu yang sedikit namun terus-menerus untuk kita lakukan. Semangat mengejar pahala di bulan Ramadan ini dan semoga kita semua bisa menghatamkan Alquran dengan jiwa yang bahagia! :)

Semoga tips diatas bermanfaat untuk kita semua,

Selamat berpuasa yaa sahabat!

Regards,

Dian Wahyuni

You May Also Like

7 komentar

  1. bagus nih tipsnya. bisa dirint trus ditempel buat pengingat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh . Makasiy yh udh mampir :)

      Hapus
  2. Terima kasih tipsnya Mba. Izin pinjam tabelnya yah. Makasi Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak,, iyaa monggo mbak, smg bermanfaat. Gambar tsb jg nemu di akun dakwah. smg mjd amal jariyah bagi yg sdh membuat tabel tsb :)

      Hapus
  3. Hahahaha.. Aku banget nih. Dihitung per lembar per habis sholat.
    Tapi biasanya aku ngebutnya pas habis maghrib sama habis sahur sih.
    Trus hutang karena haid dikebut waktu iktikaf 10 malam terakhir.
    Huhuhu.. Ramadan lalu tanpa iktikaf. Sedihnya..

    BalasHapus
  4. Walau saya bacanya baru sekarang, insyaAllah yang disampaikannya bermanfaat, karena target tamat Al Qur'an tidak hanya menunggu bulan Ramadhan tiba.

    BalasHapus
  5. Saya dulu kok bisa ya rutin baca qur an
    Sekarang kok rasanya ada saja kendala. Ya Allah merasa berdosa aku

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anda Disini Ya!